Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo sahabat yang beriman di mana saja anda berada kembali di sini riset service dihadapkan dengan problem AC Split setengah PK tidak dingin dan berisik. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan jelaskan bagaimana Cara service ac split.

Di sini saya akan Tunjukkan bagaimana Cara service ac split dengan mudah dan sangat dipahami. Namun sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu bagian-bagian yang termasuk komponen utama AC Split tersebut. Di bagian bagian ini sudah saya Sederhanakan dengan tujuan agar mudah dipahami dan dimengerti.

Alat-Alat yang Diperlukan Teknisi Jasa Service AC

  1. Yang pertama adalah bagian outdoor yang biasa ditaruh diluar ruangan.
  2. Yang kedua adalah indoor yang biasa ditaruh didalam ruangan kemudian.
  3. Yang ketiga adalah instalasi.

Sebelum Melakukan Bongkar Pasang AC, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Bagian-bagian Outdoor

Hai apa itu instalasi? Yaitu bagian-bagian yang menghubungkan antara outdoor dan indoor. Selanjutnya bagian outdoor terdapat beberapa komponen utama. Diantaranya adalah kondensor, kondensor ini fisiknya berbentuk letter U dan bersirip vertikal.

Adapun fungsi utamanya secara sederhana adalah sebagai pembuang panas, dibantu dengan kipas outdoor kondensor secara spesifik berfungsi sebagai penukar kalor, ataupun buah wujud refrigent dari bentuk Gas sampai menjadi cair. Artinya menurunkan suhu temperatur refrigran.

Kemudian ada yang namanya compressor, kompresor ini adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk pusat sirkulasi. Yaitu mengedarkan dan memompa bahan pendingin, disini adalah freon atau refrigent keseluruh bagian AC.

Cara Menambah Freon AC, Simak Langkahnya Berikut Ini

Selanjutnya ada lagi kapiler, kapiler ini berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigent, mengatur aliran refrigeran. Bagian lainya adalah evaporator, dan yang terakhir adalah kipas outdoor, yang berfungsi ya untuk membuang panas yang berada dari pada kondensor. Itu mungkin yang bisa saya jelaskan dari beberapa komponen utama yang terdapat pada outdoor.

Bagian-bagian Indoor

Kemudian yang kedua yaitu dibagian indoor, di bagian ini terdiri dari Komponen evaporator yang berfungsi sebagai penukar kalor atau sebagai penerima atau penghisap udara yang berada di dalam ruangan. Kemudian fungsi kedua adalah menyebarkan Hawa dingin dari evaporator itu sendiri.

Jasa Service AC Panggilan untuk Berbagai Masalah AC Nonstop 24 Jam

Kemudian ada yang namanya modul, modul ini merupakan rangkaian kelistrikan AC yang berfungsi mengolah data sistem jalannya AC itu sendiri.

Yang terakhir adalah blower atau kipas indoor yang berfungsi sebagai penyebar hawa dingin dari evaporator ke seluruh ruangan.

Kemudian yang ketiga adalah instalasi, instalasi ini tidak lebih adalah pipa yang menghubungkan antara indoor dan outdoor, ditambah kelistrikan, dan instalasi kabel. Begitulah mungkin sedikit penjelasan tentang cara service AC Split.

Bagaimana Cara service ac split?

Mari kita lanjutkan topik permasalahan kita tentang AC tidak dingin dan berisik. AC tidak dingin sebabkan oleh karena komponen utama terhalangi oleh kotoran yang menempel. Misalnya disini bagian outdoor kondensor dan bagian indoor adalah evaporator.

Dengan banyaknya kotoran yang menempel tersebut akan mengurangi fungsi kerja daripada komponen tersebut. Dan di bagian outdoor, di sini kompresor menjadi kerjaannya berat. Makanya kalau ac-nya sudah kotor dibagian others suka terdengar suara berisik.

Nah mungkin itu saja penjelasan singkat tentang Cara service ac split yang tidak dingin dan berisik. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan dipahami.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan pada artikel ini dan saya hanya bisa mengucapkan, “tidak ada gading yang tak retak, Tidak ada manusia yang tak bersalah”. Maka daripada itu Ambillah segala apa yang baik kalau emang ada dan Buanglah semua yang jelek-jelek nya agar kita semua bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Read More: Jasa Service AC Tangerang Siap Melayani 24 Jam, Murah Berkualitas

Chat Whatsapp
Call Now