Hidup di negara tropis tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan AC di dalam ruangan. Baik itu di kantor, sekolah, atau di rumah sekali pun. Sehingga membuat orang mencari Tips Hemat Tagihan Listrik yang notabene bisa didapatkan dari penyedia jasa service AC terdekat. Karena tagihan listrik yang semakin melambung salah satunya dari penggunaan AC yang tanpa kita sadari.

Tips Jasa Perbaikan AC Agar Banyak Pelanggan

Tips Hemat Tagihan Listrik Yang Membengkak

Di musim panas yang panjang membuat banyak orang menggunakan AC secara berlebihan, sehingga membuat tagihan listrik menjadi membengkak. Semua bisa teratasi jika kita memahami penggunaan AC. Jasa service AC pun juga turut andil dalam pengehmatan penggunaannya. Karena melakukan service AC rutin dan pemilihan jasa service AC yang tepat mampu membuat kita lebih hemat tagihan listrik dalam menggunakan AC.

Pengaturan Suhu AC

Kebanyakan orang Indonesia menggunakan suhu 16 derajat Celcius dalam penggunaan AC. Padahal hal ini membuat AC memerlukan daya yang sangat besar, sehingga tagihan listrik membengkak pun menjadi tak terhindarkan. Selain itu mesin AC juga jadi lebih cepat rusak.

Ingin Cuci AC? Inilah Pentingnya Cuci Serta Waktu yang Sesuai

Tips Hemat Tagihan Listrik pertama yang bisa dicoba adalah: Sebaiknya gunakan suhu 24 derajat Celcius dalam pemakaiannya. Karena suhu ini merupakan suhu yang pas untuk AC. Tidak membuat AC kita bekerja lebih keras dan membutuhkan daya listrik yang tinggi.

Tapi jika suhu ruang masih terasa panas, Anda bisa mencobanya di suhu 20 sampai 22 derajat. Intinya, jangan sampai suhu AC kurang dari 20 derajat Celcius.

Ac yang sering digunakan dengan suhu rendah di bawah 20 derajat Celcius, akan sering mengalami kerusakan. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lagi untuk menyewa jasa service AC kan.

Ruangan Tertutup

Tips Hemat Tagihan Listrik selanjutnya: Saat menggunakan AC jangan biarkan ruang menjadi terbuka alias pintu ruangan tidak tertutup rapat. Udara dari luar membuat AC akan bekerja lebih optimal untuk menyaringnya. Hal ini pun juga bisa merusak freon pada AC.

Mengenal komponen AC Untuk Bisa Melakukan Service

Sangat penting untuk sirkulasi udara pada AC. Di mana AC akan bekerja optimal namun tidak berlebihan yang membutuhkan daya lebih besar.

Dalam Tips Hemat Tagihan Listrik agar tidak membengkak, Anda bisa mencoba untuk menggunakannya ruangan yang kedap alias tanpa ventilasi. Karena ventilasi bisa membuat udara luar masuk dengan sembarang dan membuat AC bekerja ekstra.

Tips Hemat Tagihan Listrik Dengan Filter Di Jendela

Filter jendela juga sangat diperlukan dalam menghemat tagihan listrik karena pemakaian AC. Pasalnya, udara dari luar jendela akan tersaring oleh filter itu. Selain menghemat tagihan AC, Anda pun juga bisa menjaga kondisi AC agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

Sebelum Melakukan Bongkar Pasang AC, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Jasa service AC biasanya memberikan saran kepada para pelanggannya bagaimana penggunaan AC yang baik dan benar. Karena selain pelayanan, yang mereka butuhkan adalah kepercayaan pelanggan. Sehinga simpatik dari jasa service akan membuat pelanggan menjadi lebih tertarik pada pelayanannya.

Menggunakan Gorden

Memasang gorden pada jendela juga bukan ide buruk sebagai Tips Hemat Tagihan Listrik. Karena dengan menggunakan gorden, sama saja kita menggunakan filter pada jendela. Udara kotor dari luar pun tidak mengganggu kinerja AC yang sedang menyejukkan ruangan.

Sebaiknya pasang gorden pada bagian rumah yang cerah. Karena biasanya orang yang memasang gorden membuat rumah tampak lebih gelap karena intensitas cahaya matahari berkurang.

Mengganti Filter

Anda juga bisa memanggil jasa service AC untuk mengganti filter pada AC. Gunakan Filter tipe HV yang mana fungsinya untuk menghemat daya yang di gunakan pada AC. Cara kerja filter ini nantinya akan mengontrol daya penggunaan AC, sehingga tidak terlalu berlebihan.

Chat Whatsapp
Call Now