Apakabar… Berjumpa lagi bersama Tangerang Teknik. Dalam artikel kali ini kita akan bahas gangguan kulkas tidak dingin. Untuk kerusakan kulkas tidak dingin seperti apa pengecekan dan perbaikannya? Baca artikelnya sampai selsai ya…

Oke teman-teman langkah awal kulkas kita colokan dahulu coba kita tes, oke jadi disini dapat kita lihat kompresor sudah berkerja. Kalau kompresor sudah berkerja langkah selanjutnya kita rasakan di pipa press atau pipa tekan dikompresor.

Untuk kulkas yang normal untuk pipa press dan filter dryer harusnya hangat atau panas, ini menandakan freon bisa bersirkulasi dengan baik. Jadi ini untuk pipa press nya tidak ada indikasi hangat sama sekali, untuk filter dryernya sama tidak terasa hangat sama sekali. Jadi untuk kulkas ini ada dua kemungkinan kemungkinan.

Yang pertama itu bocor freon dan kemungkinan yang ke dua freon mampet atau buntu. Jadi untuk memastikan bocor atau buntu, pertama kita lihat dulu apakah masih ada freon atau tidak didalam system pendingin.

Kita buka dulu pipa pengisian jangan lupa kita cabut dulu colokannya. Oke setelah itu pipa isi atau pipa segelnya kita potong kira-kira masih ada freon atau tidak. Oke sekarang bisa kita lihat ternyata ini tidak ada freon sama sekali. Dan kemungkinan besar ini ada kebocoran freon yang mengakibatkan freonnya habis. Dan karena freon habis maka menyebabkan kulkas tidak dingin.

Yang harus di periksa dulu bagian sambungan dari bagian pipa kompresornya. Jadi disini dipipa tidak ada kebocoran atau bekas oli atau tidak ada oli. Sebab kalu semisal bocor itu pasti ada bekas oli yang keluar dan disini tidak ada oli di semua sambungan pipa bersih semuanya. Sementara sambungan juga masih bagus. Sekarang kita cek filter dryernya ada kebocoran atau tidak pada sambungan pipa ya bisa dilihat.

Sambungan kapiler bersih tidak ada oli dibagian atas juga sama. Jadi dibagian belakang kemungkinan besar tidak ada kebocoran. Selanjutnya kita cek dibagian evaporatornya, kita lihat dulu dibagian evaporatornya. Biasanya penggunaan orang awam untuk kulkas 1 pintu ada kesalahan pemakaian. Yaitu melakukan pencongkelan atau penusukan menggunakan benda tajam yang mengakibatkan bocor di evaporatornya karena tertusuk, inilah yang membuat kulkas tidak dingin. Selanjutnya kita lihat fisik evaporatornya kira-kira ada yang bocor atau tidak.

Pastikan pada bagian tersebut bersih ya, disini bersih tidak ada bekas oli akibat benda tajam, dibawahnya juga bersih. Pastikan juga tidak tercium bau oli, jika tercium bau oli kemungkinan ada kebocoran freon disambungannya. Periksa dulu disambungan evaporatornya kira-kira ada kebocoran atau tidak. Karena jika terdapat kebocoran sekecil apapun maka akan mengakibatkan kulkas tidak dingin.

Untuk memastikan bongkar dulu cover cover evaporatornya supaya kita bisa lihat disambungannya. Setelah kelihatan bagian sambungan evaporatornya, untuk melepasnya harus hati-hati. Karena pipanya tipis kalau tidak hati-hati bisa patah pipanya.

Oke jadi ternyata disambungan evaporator ini terlihat banyak oli, bisa dilihat ini banyak oli. Jadi yang menyebabkan kulkas dingin itu karena sambungan yang dievaporator bocor. las-lasannya tidak rata dan mengakibatkan kebocoran freon, jadi freon habis.

Untuk penanganannya pipa sambungan evaporator kita las ulang. Setelah dipastikan tidak ada keboran, nanti tinggal kita isi ulang freon baru. Oke langsung kita las dan perhatikan untuk api las jangan terlalu besar kita las sambungan yang bocor tadi dan untuk sambungan kapiler juga kita las.

Untuk memastikan lasnya bagus semua untuk pengelasan selesai sudah kita las ulang sambungannya kemudian kita rapikan evaporatornya. Setelah itu kita lanjut ke proses vakum dan pengisian freon. Sebelum kita lanjut ke vakum dan pengisian freon, untuk filter dryer harus kita ganti. Karena kalau ada keboran itu pasti banyak oli, jadi untuk filter dryer harus kita ganti supaya tidak ada kebuntuan di system. Dan untuk pipa pressnya, pipa tekan harus diflusing juga.

Kita pasang dulu pipa isinya, kemudian sambungan pada pipa press kita las ulang supaya nanti tidak ada keboran lagi. Jadi kita pastikan semua sambungan di las ulang semua sampai selsai. Selanjutnya kita flushing pipa pressnya, flushing menggunakan kompresor ya, ini banyak olinya kemungkinan menumpuk pada kondensornya. Jadi kenapa disini ada banyak oli dan sampai hitam? Itu karena ada kebocoran tadi dan dikondensornya itu banyak olinya. Kitab flishing sampai bersih dan bila dipastikan bersih tinggal kita ganti filter dryernya. Selanjutnya kita vakum dan isi freon kembali.

Oke setelah dipastikan semuanya sudah bersih, sudah tidak ada oli pada kondensor atau pipa tekannya. Setelah itu kita ganti filter dryer yang baru, kita masukan pipa kapilrernya sekitar 1 cm, selanjutnya kita las.

Filter dryer sudah terpasang selanjutnya kita vakum dan kita isi freon baru. Siapkan manifold dan selang dan juga alat vakum. Lalu tinggal vakum kita buka dahulu kran manifold low press dan kran high pastikan tertutup. Setelah itu mesin vakum kita nyalakan untuk jarum manifold sudah turun, untuk proses vacum ini kita tunggu sekitar 15 menit, sampai udara yang ada disystem terbuang habis dan juga suara dari mesin vakum stabil.

Kalau suara sudah stabil berarti udara yang ada disystem sudah habis. Setelah itu kemudian diisi dengan freon, dan untuk proses vacum barangkali belum punya alat vakum ataupun repot bawa alat vakum. Bisa menerapkan vakum manual atau vakum body untuk proses vacum body itu menggunakan komresor itu sendiri.

Setelah 10 sampai 15 menit selanjutnya kita isi freon baru, freon R134a. Sebelum matikan alat vakum untuk kran low press kita tutup setelah itu mesin vakum kita matikan. Selanjutnya kita pindah selang ke freon sebelum kita isi, karena kita pakai manifold satu sisi 2 selang saja seharusnya ada 3 selang.

Jadi karena kita pakai selang 2 saja, untuk selang udara yang ada diselang tengah harus dibuang dulu sisa udaranya. Kita tekan dengan freon, jadi kran freon kita buka sedikit saja lalu kita buang dulu udara yang ada diselang melalui high pressnya dan tutup kembali kran high pressnya, setelah itu kita isi dengan freon. Lakukan pengisian kondisi mesin atau kompresor mati di 90 psi, setelah itu kita colokan kabel powernya.

Pastikan kompresor sudah berkerja dan untuk tekanannya sudah turun. Dan jika tekanan stabil, tekanan manifold diatas 10 psi yang menunjukan bahwa freon sudah bersirkulasi dengan baik jadi menandakan tidak ada kebuntuan di dalam system pendingin. Karena semisal waktu kita jalankan mesin pertama itu jarumnya menunjukan min atau dibawahnya 0 psi. Berarti di dalam system masih ada kebuntuan freon dan ini bisa dilihat diatasnya 10 psi, yang menunjukan bahwa tidak ada kebuntuan freon.

Untuk tekanan kita menggunakan 10 psi ya, jadi disini masih blm stabil masih di 10 psi lebih. Nanti kita tunggu smapai stabil di 10 psi, bila semisal kelebihan bisa dikurangi. Untuk freonnya atau semisal kurang bisa ditambah lagi jadi ini kita tunggu di 10 psi ya, ini sudah stabil di 10 psi.

Jika sudah stabil, kita langsung segel pipa isinya. Kita capit dengan tang segel, setelah itu kita las ujung pipa. Sekarang bisa kita raba dan rasakan untuk pipa pressnya anget, dan filter dryer juga sudah hangat. Menunjukan bahwa freon sudah bersirkulasi dengan baik. Yang artinya tidak ada kebuntuan dan body juga sudah hangat jadi syarat pendingin kulkas itu yang bagus itu dari pipa press dan pipa dryer dan juga body harus hangat.

kita lihat bagian evaporatornya jadi ini evaporatornya juga sudah dingin, sudah merata dinginnya, sudah bagus. Untuk kulkas sudah normal kembali, jadi seperti itu ya perbaikannya jadi untuk pengecekannya, langkah-langkahnya seperti apa yang telah dijelaskan pada artikel ini.

Dan barangkali ada yang masih bingung atau ada yang ditanyakan bisa tuliskan dikolom komentar.

Read More: Cara Mengatasi AC tidak dingin | U-Bent Bocor | Freon Habis

Chat Whatsapp
Call Now