Layanan Jasa Service AC Terpercaya Tangerang

Bisa jadi, Anda adalah salah satu korban teknisi service AC yang bekerja dengan hasil mengecewakan. Kejadian yang kurang menyenangkan tersebut dapat membuat anda sulit percaya untuk menggunakan jasa teknisi untuk cuci ac atau pasang AC. Padahal kondisi AC di rumah atau kantor Anda sedang tidak nyaman digunakan. Itulah pentingnya bagi pengguna pendingin ruangan yang ingin melakukan perawatan atau perbaikan harus benar-benar yakin dalam mencari Jasa Service AC Terpercaya.

Barangkali itulah alasan mengapa sekarang Anda tertarik untuk mengetahui Jasa Service AC Terpercaya terdekat di kota anda. Kabar baiknya, Anda telah berada di blog yang tepat! Sebelum membahas lebih dalam ke inti topik, tentu Anda harus mengetahui apa penyebab keluhan-keluhan yang tetap muncul setelah pasang AC atau AC selesai diperbaiki.

Berbagai keluhan baru muncul setelah anda melakukan perbaikan AC dengan membayar teknisi service AC. Pengalaman yang kurang menyenangkan seperti ini menimbulkan kecurigaan atas kinerja teknisi AC yang anda sewa sebelumnya.

Hasil perawatan atau tindakan perbaikan yang mengecewakan dapat terjadi jika anda kurang selektif dalam memilih teknisi service AC. Jadi pastikan anda mendapatkan Jasa Service AC Terpercaya untuk melakukan perawatan pendingin ruangan anda atau untuk pasang ac baru. Berikut keluhan yang muncul akibat kinerja teknisi service AC yang kurang berpengalaman dan tidak profesional dalam melakukan perbaikan, antara lain:

AC Tidak Dingin Setelah Service? Jasa Service AC Terpercaya Tangerang Teknik Akan Mengulas Penyebab dan Alasanya

Kondisi umum yang dikeluhkan pelanggan adalah AC yang tidak dingin setelah diperbaiki. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

AC masih kotor, karena service kurang maksimal

Salah satu faktor yang mengakibatkan pendingin udara tidak dingin yaitu karena AC tersebut kotor. Oleh karena itu, perlu dilakukan service atau perawatan secara berkala setiap 2 – 3 bulan sekali. Jika kurang maksimal membersihkannya, tentu hal ini membuat perfoma AC juga tidak maksimal. Alhasil, AC kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silakan Anda bersihkan baik di unit indoor maupun outdoor, dan pastikan benar-benar bersih, terutama pada bagian kisi-kisi atau sirip yang ada di evaporator dan kondensor. Jika anda tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut, gunakan Jasa Service AC Terpercaya terdekat disekitar anda.

Tentunya hal ini juga harus di dukung dengan peralatan service atau mesin steam yang mumpuni, dan juga memiliki tekanan air yang kuat. Hal ini bertujuan agar kotoran yang berapa di bagian dalam evaporator atau kondensor betul-betul bersih.

PCB modul atau sensor ada yang error karena terkena air

Bagi teknisi, hal ini biasa terjadi karena kurang hati-hati dalam perawatan AC. Sehingga air mengenai pada bagian modul, dimana seharusnya bagian tersebut tidak boleh terkena air. Alhasil, modul control AC menjadi bermasalah, seperti kedip-kedip pada bagian sensor-nya, AC sering mati hidup, atau berbagai macam jenis trouble lainnya.

Jika sudah seperti ini, cara penanggannya yaitu bisa dikeringkan terlebih dahulu bagian yang terkena air, kemudian dipasang kembali. Atau, jika masih belum berhasil, bisa dilakukan restrat modul.

Lebih disarankan untuk berhati-hati saat melakukan service, terutama saat mencuci unit indoor. Jika memang ragu, sebaiknya pada bagian modul di tutup koran atau yang lain, agar tidak terkena air dan juga menghindari berbagai masalah yang mungkin bisa terjadi. Penting bagi anda untuk memastikan bahwa teknisi yang anda sewa benar-benar Jasa Service AC Terpercaya.

Tekanan freon kurang, namun tidak di tambah

Refrigerant atau freon merupakan bahan pendingin yang digunakan pada kebanyakan mesin penyejuk udara dalam proses pendinginan. Dalam penggunaannya juga sudah ada aturannya, berdasarkan dari jenis freon-nya, dan juga kapasitas AC-nya.

Jika saja tekanan freon ini kurang, tentu AC tidak bisa dingin maksimal atau bahkan tidak menghasilkan dingin sama sekali. Tidak diketahui secara pasti berapa lama tekanan freon ini akan berkurang, hanya saja setiap dilakukannya service perawatan, sebaiknya juga di cek takanan freon-nya.

Sebagian pelanggan banyak yang bertanya: Apakah tambah freon harus selalu dilakukan setiap service?

Jawaban secara umum: Penambahan freon seharusnya tidak selalu harus dilakukan setiap pelaksanaan perawatan atau setelah pasang ac baru. Jadi tergantung tindakan perawatan yang dilakukan serta gangguan kerusakan pada mesin ac itu sendiri. Jika yang dilakukan hanya cuci ac saja maka tambah freon tidak harus. Tetapi jika sebelum cuci ac memang tidak dingin, mungkin penambahan freon perlu dilakukan.

Jawaban secara teknik: Untuk menjawab pertanyaan tersebut terlebih dahulu kita akan membedakan dan mempertimbangkan 2 sudut pandang:

Kualitas mesin ac dahulu dan sekarang: Tidak diketahui sejak kapan terdapat perbedaan-perbedaan kualitas komponen dan jenis freon yang digunakan dalam mesin ac. Namun kenyataan yang ada adalah bahwa mesin ac dulu dan sekarang sangat berbeda. Berikut adalah perbedaanya:

  1. Kualitas komponen yang memiliki perbedaan mencolok contohnya adalah pipa tembaga pada jaringan ac. Bahwasanya pada AC sekarang pipa tembaganya lebih tipis. Begitu pula penghubung pada bagian ujung pipa, lebih tipis, dan mudah dol/rusak.
  2. Type freon: Pada AC terdahulu jenis atau type freon yang digunakan adalah R22 yang memiliki tekanan rendah. Sedangkan pada AC keluaran saat ini menggunakan type freon R322/R410 yang memiliki tekanan lebih tinggi/besar.

Jika kualitas mesin AC terdahulu yang memiliki komponen lebih baik, ditambah dengan penggunaan type freon dengan tekanan rendah maka jelas mesin AC juga akan awet, karena mampu menahan tekanan freon yang tidak terlalu tinggi. Dan freon juga tidak akan cepat habis, karena tidak ada kebocoran yang mengakibatkan freon terbuang. Tetapi jika kualitas AC saat ini dapat menggunakan jenis freon R22, kemungkinan juga akan sedikit bertahan. Sayangnya adalah, bahwa mesin AC yang diperjual belikan saat ini tidak bisa lagi menggunakan type freon R22, jadi harus menggunakan type freon R32/R410. Sehingga dengan kualitas komponen yang lebih rendah, yang sebenarnya tidak mampu menahan tekanan tinggi. Tetapi di beri tekanan tinggi dengan freon R32/R410, jelas akan mengakibatkan freon cepat habis. Mengapa freon cepat habis dan terkadang tidak diketahui penyebabnya? Jawabanya dibawah ya….. Bahkan sudah sering kali terjadi saat pasang AC baru ternyata AC tidak menyala, dan setelah di panggilkan teknisi dari perusahaan yang mengeluarkan AC, ternyata memang mesin AC yang error.

Mengapa Freon Cepat Habis?

  • Karena ada kebocoran yang sangat halus, alasanya di paragraf atasnya ya…. Kebocoran ini benar-benar tidak dapat diketahui oleh mata telanjang.
  • Penggunaanya mungkin juga berlebihan, fulltime.

Apapun penyebabnya, sebenarnya kecil kemungkinan bahwa feon habis atau tambah freon itu akal-akalan Jasa Service AC Terpercaya yang anda gunakan, yang hanya sekedar untuk menambah biaya, atau supaya untungnya lebih besar.

INGAT: Bahwa teknisi yang berada dibalik jasa perawatan dan perbaikan berusaha sebaik mungkin dengan tujuan mendapatkan kepercayaan dan simpatik. Supaya orang-orang yang menggunakan jasa mereka menjadi langganan. Mereka sadar bahwa dengan bisnis jasa yang mereka sediakan akan selalu berada ditemngah-tengah para penggunanya dalam waktu yang panjang, bukan sehari atau dua hari saja.

Kinerja mesin kompresor sudah tidak bisa maksimal

Bisa dibilang kompresor adalah inti dari sebuah mesin pendingin, jika performanya sudah menurun, tentu dingin yang dihasilkan pun juga tidak maksimal. Sehingga mengakibatkan AC tidak dingin walaupun sudah di service.

Banyak faktor yang menyebabkan kinerja mesin kompresor ini menurun, diantaranya: Ampere naik, kondensor kotor, kapasitor lemah, atau lama pemakaian juga bisa menjadi penyebab menurunnya performa kompresor tersebut.

Oleh karena itu, semua harus di cek dan dipastikan dalam keadaan normal saat melakukan service, agar AC bisa kembali normal seperti sedia kala. Disinilah pentingnya mengapa harus dilakukan perawatan rutin terhadap AC oleh Jasa Service AC Terpercaya.

Berbagai kemungkinan yang dapat menimbulkan AC tidak dingin setelah di service yang lain, yaitu:

  • Thermistor bermasalah
  • Hembusan kipas fan tidak kencang
  • Pengaturan suhu temperature terlalu tinggi
  • Salah menggunakan mode remote (silakan pakai mode auto atau mode cool)
  • Menggunakan mode low watt, yang dapat menurunkan kinerja kompresor.

Sebagai pelanggan perlu mengurangi risiko, jangan memanggil tukang servis AC yang anda tidak paham agennya. Pilihlah teknisi dari agen dengan Jasa Service AC Terpercaya, hindari nomor-nomor yang ditempel di jalan raya, tembok dan tiang listrik yang menawarkan jasa servis cuci AC yang tidak jelas badan usahanya.

Perbedaan Kualitas Komponen AC Dulu dan Sekarang

Selain kinerja teknisi service AC yang mungkin kurang baik, anda juga perlu mengetahui perbedaan AC dulu dan sekarang. AC jenis dulu dan sekarang memang sangat jauh perbedaannya. AC tahun 2005 hingga 2010 memiliki komponen berkualitas. Selain memiliki daya pendingin yang baik, kemampuan pertahanan juga tidak mengecewakan.

AC jenis ini menggunakan freon R22, namun kini stok freon jenis ini terbatas karena dapat merusak lapisan ozon Bumi. Sedangkan AC sekarang menggunakan jenis freon yang diperkecil dan dipercepat sistem kinerjanya. Jenis freon ini adalah R32 dan R410 dengan harga yang mengurang kantong anda. Kelebihan freon ini adalah hemat listrik dan komponen pendinginnya lebih bekerja secara maksimal.

Perbedaan menonjol juga terletak pada ketebalan pipa tembaga pada AC. Mesin AC sekarang memiliki pipa tembaga lebih tipis yang mengakibatkan kebocoran pipa saat installasi. Yang pertama adalah flaring pipa retak, flaring itu adalah proses penyambungan ujung pipa ke indoor dan outdoor. Jika flaring retak, maka sambungan gagal dan terjadi rongga yang membuat freon bocor.

Penyebab kedua terjadi karena adanya pembengkokan pipa saat menemui jalur yang berliku melewati rintangan. Pipa AC yang terlalu tipis akan mudah sekali patah, ketika salah bengkokan sedikit akan langsung penyok yang menyebabkan ada lubang tipis yang membuat freon keluar.

Berbagai informasi di atas dapat menjadi edukasi bagi pelanggan AC agar semakin cerdas, sehingga dapat menentukan dan memilih teknisi Jasa Service AC Terpercaya untuk melakukan perawatan AC baik dirumah maupun di kantor anda. Bagi Anda yang memiliki keluhan pada AC, silakan menggunakan Jasa Service AC Terpercaya Tangerang Teknik.

Tangerang Teknik memiliki team profesional dan ahli, yaitu para teknisi berbagai mesin elektrik berpengalaman. Mereka ahli dalam bidang mereka masing-masing untuk mengerjakan layanan yang tersedia, diantaranya Service AC, cuci AC, tambah freon AC, isi freon AC, bongkar pasang AC, jual beli AC second, perbaikan AC, service lemari pendingin(kulkas), service mesin cuci, service pompa air, service televisi, dan berbagai mesin/perlengkapan elektrik lainnya.

Chat Whatsapp
Call Now