Air Conditioner(AC) merupakan salah satu barang elektronik yang harus Anda lakukan perawatan secara rutin. Namun kebanyakan orang menggunakan layanan service ketika sudah mengalami keluhan pada AC, seperti AC mati, udara AC panas, AC kurang dingin, dan sebagainya yang nantinya dapat mengakibatkan kerusakan serius pada spare part AC. Padahal sudah tersedia Daftar Harga Service AC pada masing-masing penyedia jasa service AC terdekat. Ingat bahwa perawatan rutin sederhana dengan biaya yang terjangkau seperti service cuci AC dapat menghindarkan dari kerusakan serius dan gangguan yang sering terjadi.

Keterlambatan melakukan Service AC secara rutin juga menyebabkan kerusakan pada AC. Seringkali pelanggan mengeluhkan Harga Service AC yang terlalu mahal karena penggantian komponen AC yang rusak. Maka dari itulah perlu adanya perawatan AC secara rutin, yaitu untuk menghindari kerusakan serius pada komponen AC yang mengharuskan penggantian spare part AC.

Sebenarnya, kerusakan komponen AC dapat dihindari melalui service rutin dengan biaya lebih murah yang bisa didapatkan melalui jasa service AC terdekat. Berikut kisaran Harga Service AC sesuai dengan keluhan atau kerusakannya, antara lain:

Harga Service AC – Cuci AC

Service cuci AC dilakukan untuk membersihkan bagian indoor maupun outdoor pada AC. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin sebab AC yang terus-menerus dipakai akan berdebu. Bila tidak dibersihkan, debu yang menumpuk akan membuat AC menjadi tidak dingin.

Anda dapat melakukan service cuci AC dalam empat bulan sekali tergantung intensitas pemakaian dan tingkat polusi ruangan, dengan kisaran Harga Service AC sebagai berikut:

  • Biaya service cuci AC 0.5 – 1 PK Rp 65.000,-
  • Biaya service cuci 1.5 – 2 PK Rp 70.000,-

Tambah Freon

Refrigerant atau juga disebut freon merupakan salah satu komponen terpenting pada AC. Freon dapat menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang tinggi.

Pada umumnya, penambahan freon dilakukan kurang lebih setiap satu tahun sekali. Sementara freon yang harus ditambahkan tiga bulan sekali dapat menandakan adanya kebocoran pada AC. Anda harus membayar dengan kisaran harga, yaitu:

  • Harga tambah freon R22 0.5 – 1 PK Rp 150.000,-
  • Harga tambah freon R22 1.5 – 2 PK Rp 200.000,-
  • Harga tambah freon R32/R410 0.5 – 1 PK Rp 200.000,-
  • Harga tambah freon R32/R410 1.5 – 2 PK Rp 250.000,-
  • Isi Freon

Layanan pengisian freon tidaklah sama dengan penambahan freon. Penambahan freon dilakukan hanya untuk menambahkan kadar freon AC. Sementara itu, pengisian freon dilakukan ketika muncul indikasi adanya kebocoran pada instalasi AC.

Berikut harga service AC pengisian Freon sesuai dengan jenis Freon yang beragam, yaiu:

  • Harga isi freon R22 0.5 – 1 PK Rp 250.000,-
  • Harga isi freon R22 1.5 – 2 PK Rp 350.000,-
  • Harga isi freon R32/R410 0.5 – 1 PKRp 350.000,-
  • Harga isi freon R32/R410 1.5 -2 PK Rp 450.000,-

Harga Service AC – Bongkar dan Pasang AC

Layanan bongkar bertujuan untuk melepaskan instalasi AC yang sudah dipasang, baik pada bagian indoor maupun outdoor. Layanan bongkar AC digunakan apabila pemilik rumah sudah tidak menggunakan AC tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Pemasangan AC merupakan layanan untuk memasang AC yang baru dibeli. Berbeda dengan barang elektronik biasanya, pemasangan AC tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut kisaran harga yang harus anda bayar, yaitu:

  • Harga bongkar AC    Rp 100.000,-
  • Harga pasang AC 0.5 – 1 PK Rp 250.000,-
  • Harga pasang AC 1.5 – 2 PK Rp 325.000,-
  • Harga bongkar pasang AC 0.5 – 1 PK Rp 350.000,-
  • Harga bongkar pasang AC 1.5 – 2 PK Rp 425.000,-

Harga Service AC – Las Sambungan Pipa Freon

Pipa freon merupakan pipa yang berfungsi menurunkan tekanan freon dan mengatur aliran freon menuju refrigerator. Namun, bila pipa ini terlalu pendek, tekanan kerjanya akan semakin tinggi yang mengakibatkan kompresor akan bekerja lebih berat.

Berikut biaya las untuk menyambung pipa Freon lama dengan tambahan pipa yang baru, yaitu:

  • Harga Las Sambungan Pipa Freon per titik Rp 100.000,-
  • Harga Las Perbaikan Kebocoran Pipa Freon + Isi Freon Rp 500,000,-

Pengecekan

Pengecekan mesin pendingin dilakukan untuk mendeteksi penyebab masalah yang terdapat pada AC. Hal ini dilakukan dengan cara menyalakan AC sekitar 10-15 menit. Kemudian, teknisi akan mengecek fungsi remote AC serta suhu di dalam ruangan.

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan hanya dikenakan bila Anda tidak menggunakan layanan servis lain, yaitu:

  • Biaya pengecekan AC Rp 75.000,-

Dengan berbagai biaya perawatan rutin yang masih terjangkau, akan lebih baik Anda melakukan Service AC secara berkala untuk menghindari kerusakan. Hubungi jasa service AC terdekat untuk perawatan rutin AC ruangan anda. Ingat, jika AC anda mengalami kerusakan fatal maka biaya yang dikeluarkan akan lebih besar karena kemungkinan adanya penggantian spare part AC. Atau bahkan harus menggantinya dengan yang baru. Be a smart user.

Chat Whatsapp
Call Now